Peran Penting Manajemen
18 Sep 2012
0
komentar
Peran Penting Manajemen

Manajemen dalam organisasi berperan dan berkenaan dengan proses
bagaimana kegiatan yang telah di rancang oleh organisasi dapat
diimplementasikan secara efektif. Tentu saja, hal ini tidak terlepas
dari pemimpin atau manajer. Dalam konteks ini, manajer berperan
mengintegrasikan organisasi dan variable-variabel manusia ke dalam
sebuah sistem sosioteknik yang efektif dan efisien.
Sistem
sosioteknik merupakan suatu kondisi agar para pegawai bisa bekerja
dengan baik, maka selain mematuhi aturan-aturan yang berlaku, pegawai
juga butuh investasi sosial dan intelektual/ pengetahuan dalam
berorganisasi.
Sementara itu,
menurut Hendry Mintzberg dalam buku Manajemen prilaku Organisasi
(Winardi), ada sepuluh macam peranan manjerial yakni:
A. Peranan antar pribadi
1. Peranan sebagai tokoh (melaksanakan kegiatan-kegiatan seremonial dan social, sebagai wakil organisasi yang bersangkutan)
2. Peranan sebagai pemimpin
3. Peranan sebagai penghubung (The Liason Role) terutama dengan pihak luar.
B. Peranan Informasional
1. Peranan sebagai pihak penerima (menerima informasi tentang pengoprasian sebuah organisasi)
2. Peranan sebagai penyebar berita atau informasi (menyampaikan informasi kepada pihak bawahan)
3. Peranan sebagai juru bicara (meneruskan informasi kepada pihak yang berada di luar organisasi yang bersangkutan)
C. Peranan Keputusan
1. Peranan sebagai wirausahawan.
2. Peranan yang mengatasi gangguan-gangguan
3. Peranan sebagai pihak yang mengalokasikan sumber-sumber daya.
4. Peranan sebagai perantara (menghadapi berbagai macam orang dan kelompok-kelompok orang)
Hendy Fayol
mengusulkan bahwa semua manajer paling tidak melakukan 5 fungsi
manajemen yakni merancang, mengorganisasi, memerintah, mengkoordinasi
dan mengendalikan.
Mekanisme Integrasis
• Mekanisme integrasi adalah cara mamadukan sistem sosioteknik dengan menggunakan pengarahan (direction)
• Caranya dengan memadukan antara variabel organisasi dengan variabel manusia dengan mengambil beberapa tindakan seperti:
1. Perintah
2. Perancangan organisasi dan pekerjaan
3. Seleksi, pelatihan, penilaian dan pengembangan
4. Komunikasi dan sistem kontrol
5. Sistem imbalan
0 komentar:
Posting Komentar